Senin, 06 Mei 2013

PERANCANGAN JARINGAN WIRELESS WDS MESH

         Jaringan wireless mesh network adalah sebuah jaringan wireless seperti biasa yaitu point to point dan multi point to point, namun pada jaringan wireless mesh setiap perangkat mesh memiliki fungsi point to point dan multi point to point pada saat bersamaan. Pada jaringan wireless biasa dikenal dengan istilah repreater dan wds, di jaringan wireless mesh sebenarnya menganut system yang sama tapi lebih dikembangkan lagi ke jaringan routing sehingga setiap perangkat mesh bisa di pantau dengan mudah, di atur dengan remote dan dalam instalasi yang wirelessly. Perbendaan antara wireless biasa dan jaringan wireless mesh adalah semua kemampuan wireless biasa dimiliki oleh wireless mesh, sedang wireless biasa tidak memiliki beberapa fitur wireless mesh.

       Kelebihan jaringan mesh lainnya lebih terjaminnya backbone karena antar perangkat mesh memiliki jalur komunikasi tersendiri dan ini tidak dimiliki oleh jaringan wireless biasa, dilapangan jaringan komunikasi ini biasanya dipisah sampai 3 band frequensi .

Berikut adalah bentuk percobaan perancangan yang telah dilakukan :D

Rancangan jaringan yang akan dilakukan adalah sebagai berikut :



Untuk pengaturan perangkat yang digunakan dalam perancangan ini adalah :
a.      Pengaturan  Router 1
  1. Buka winbox, pilih connect
  2. Reset winbox Anda, lalu koneksikan kembali.
  3. Hidupkan wireless mikrotik terlebih dahulu pada menu wireless.
  4. Koneksikan dengan router utama (perhatikan SSID yang tertangkap oleh router. Pastikan nama wireless yang dipilih routerutama) dengan klik menu quick set. Pilih jaringan routerutama, klik connect.


Untuk lebih lanjutnya, dapat anda peroleh disini.

1 komentar: